| by admin | No comments

Inilah Akibat Buruk Dan Baik Dari Sosial Media untuk Para Remaja

Berita Terbaru – Sosial media benar-benar erat hubungannya dengan remaja. apalagi di era moderen Ini, menurut psikolog anak serta remaja, Vera Itabiliana, sebetulnya jadi hal yang lumrah, jika kita perhatikan mereka lahir di masa digital serta terpapar dengan semuanya yang terkait dengan internet semenjak awal.Lewat sosial media pulalah, kata Vera, seseorang remaja berumur 15-20 tahun yang sedang dalam step pencarian jati diri, dapat temukan seperti apa dianya, apa yang mereka gemari sampai apa yang akan mereka kerjakan dalam kehidupan mereka.

Inilah Akibat Buruk Dan Baik Dari Sosial Media untuk Para Remaja

“Umur ini kan in between, mereka anak-anak bukan, dewasa belum. Umur dimana mereka belajar tentang diri mereka. Nah, di sosial media, semuanya ada, sosial media penuhi keperluan mereka,” papar Vera dalam acara perilisan program Youth Women Empowerment, Marina Beauty Journey di Jakarta, Selasa (30/7/2019).Walau demikian, lanjut ia, sosial media tentulah mempunyai efek negatif serta positif pada remaja. Dimana, saat dipakai terlalu berlebih bisa merubah dua hal, yaitu produktivitas serta kesehatan mental.

Dalam soal produktivitas, ini akan kelihatan pada pukul tidur yang terusik, dimana mereka akan kelamaan memakai sosial media, bahkan juga di waktu tidur mereka, yang selanjutnya berefek pada konsentrasi belajar yang tidak baik, nilai yang alami penurunan, sampai produktivitas yang mengganggu.Sesaat hubungannya dengan kesehatan mental, kata Vera, diinterpretasikan jika umur muda mempunyai tendensi untuk lakukan suatu yang diberi nama pembandingan sosial, dimana mereka cenderumg lihat orang dari dirinya.

“Jika itu terus menerus dapat terlalu berlebih, rasa yakin diri alami penurunan, merasakan tertekan, self esteem alami penurunan, sampai depresi,” katanya.Walau demikian, adapula efek positif sosial media untuk remaja, dari mulai tampilkan jati diri diri, mengekspredikan diri, membuat komune, mengalirkan hoby, sampai untuk memperoleh suport emosional. Karena itu, Vera memberi pesan supaya orang-tua dapat lebih memerhatikan kegiatan anak di sosial media mereka serta pergantian yang berlangsung pada amereka, hingga dapat selekasnya diatasi waktu suatu yang jelek berlangsung.

Leave a Reply