| by admin | No comments

Yaqut Cholil Qoumas Minta Pemerintah Ambil Tindakan Untuk Selesaikan Konfilik Papua

Berita Terbaru – Nampaknnya keonaran yang terjadi di bumi papua ini sudah menjadi hal yang harus ditangani dengan serius sekali dan mendapatkan perhatian lebih dari pemerintahan sekarang. Salah satu yang menyuarakan hal ini adalahKetua Bagian Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut yang menjabat sebagai Pertahanan serta Keamanan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) minta negara ada untuk mengatasi perselisihan Papua yang masih bergejolak sampai sekarang dengan tepat.

Yaqut Cholil Qoumas Minta Pemerintah Ambil Tindakan Untuk Selesaikan Konfilik Papua

“Negara harus ada dengan perlakuan yang pas. Saya mengharap publik ikut juga memberi empatinya pada permasalahan ini. Jangan pernah justru turut jadi kompor atas perselisihan Papua,” kata Gus Yaqut dalam info tertulisnya yang diterima wartawan, Sabtu (31/8/2019). Gus Yaqut mengharap pemerintah lakukan komunikasi yang intens pada warga Papua.

“Kerjakan komunikasi dengan intens. Tanyakanlah apa yang warga Papua kehendaki. Jika masalah Papua jangan cuma persepsi Jakarta saja, tetapi betul-betul diberi pertanyaan apa yang sebetulnya diperlukan warga disana. Mendekati dengan hati sebab sebenarnya warga Papua ialah saudara sebangsa serta setanah air,” papar Gus Yaqut, yang Ketua Umum Pimpinan Pusat Pergerakan Pemuda Ansor ini.

Menurutnya, dengan duduk bersama dengan, dialog dari dalam hati ke hati dapat temukan arah pembangunan yang pas buat warga Papua. “Seperti sudah pernah saya berikan, apa yang dikerjakan bekas Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang lakukan pendekatan dari dalam hati ke hati dapat dicontoh,” tuturnya. Dia meneruskan, dialog yang sama dengan di antara Jakarta serta Papua penting untuk memberikan ruangan sebesar-besarnya buat beberapa tokoh Papua memberi rumusan pembangunan supaya tidak didominasi oleh pemikiran Jakarta.

Ia minta pemerintah selekasnya ambil tindakan tegas pada beberapa pihak yang menyebabkan kejadian Surabaya, terhitung memberi sangsi hukum pada pelaku aparat yang disangka bertindak rasisme. “Tindak tegas beberapa aktor penyebab perselisihan Papua ini, terhitung jika memang benar ada pelaku aparat yang bertindak rasisme. Jangan cuma berbentuk peringatan atau sangsi indisipliner, dan juga sangsi hukum serta informasikan pada publik,” kata Gus Yaqut.

Leave a Reply