| by admin | No comments

Saat Makan Dua Buah Ini Jangan Buang Kulitnnya Langsung. Ini Sebabnnya

Berita Terbaru – Seringkali kulit buah langsung dibuang, walau sebenarnya di kulit ada beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dari mulai serat sampai anti-oksidan. Waktu kupas buah seperti jeruk, apel, atau mangga, banyak orang langsung membuangnya. Kulit buah ini dipandang tidak dapat dikonsumsi atau tidak ada nutrisinya. Walau sebenarnya kenyataannya, kulit-kulit buah itu dapat dikonsumsi serta malah memiliki kandungan nutrisi penting buat badan.

Saat Makan Dua Buah Ini Jangan Buang Kulitnnya Langsung. Ini Sebabnnya

Diambil dari Reader’s Digest (9/9), pakar gizi sekaligus juga penulis Wholitarian Lifestyle bernama Malina Malkani menjelaskan kulit sayur dan buah pada umumnya tinggi kandungan anti-oksidan, serat, vitamin, serta mineral. Sayur dan buah yang dikonsumsi dengan kulitnya bahkan juga memiliki kandungan serat 33% lebih banyak dibandingkan yang tanpa kulit.

Malkani menjelaskan jumlahnya anti-oksidan pada kulit buah ada yang sampai 328 kali tambah tinggi dibandingkan yang ada di daging buah tersebut. Walau demikian, kandungan nutrisi setiap kulit buah berlainan di antara satu dengan lainnya. Pakar gizi Hillary Cecere ikut mulai bicara. Menurut dia satu orang tidak dianjurkan makan kulit buah yang begitu keras ataukah tidak enak. Pilih buah yang kulitnya memang dapat dikonsumsi serta rasa-rasanya masih dapat diterima lidah. Ini dia 2 buah yang kulitnya dapat dikonsumsi serta sehatkan.

Yang pertama adalah buah Apel. Apel ialah buah yang benar-benar dianjurkan Cecere untuk dikonsumsi bersama dengan kulitnya. “Kulit apel memiliki kandungan serat tidak larut, vitamin C, vitamin A, serta flavonoid quercetin,” katanya. Walau demikian, apel umumnya memiliki kandungan banyak pestisida. Karena itu dianjurkan membersihkan bersih apel sebelum mengkonsumsinya. Atau pilih apel organik yang ditanam tanpa ada beberapa bahan kimia. United States Department of Agriculture (USDA) memberikan laporan sebuah apel merah ukuran besar dan kulitnya memiliki kandungan 5 gr serat, 13 mg kalsium, 239 mg potassium, serta 10 mg vitamin C.

Jika kulit apel tidak dikonsumsi, karena itu seratnya cuma seputar 3 gr saja. Jumlahnya nutrisi lainnya menyusut. Diluar itu, nutrisi yang tertinggi pada kulit apel ialah vitamin A serta C. Riset University of Illinois bahkan juga ungkap 1/2 kandungan vitamin C pada apel nyatanya berada di kulitnya. Vitamin A diketahui baik untuk kesehatan mata serta kulit, sedang vitamin C untuk kekbalan badan. Kulit apel tinggi mineral seperti kalsium serta fosfor. zat besi yang benar-benar baik untuk kesehatan tulang serta gigi. Wanita yang sedang hamil dianjurkan rajin ngemil apel dan kulitnya untuk mendapatkan konsumsi cukup asam folat serta zat besi.

Yang kedua adalah buah Kiwi. Malkani menjelaskan tidak beberapa orang tahu kulit kiwi dapat dikonsumsi. Kulit buah berbulu ini memiliki kandungan banyak vitamin C. Cecere bahkan juga menjelaskan makan kulit kiwi dapat membuat konsumsi serat makin bertambah 3 kali lebih banyak bila dibanding cuma makan ‘daging’ kiwi saja. Untuk mengkonsumsinya, dianjurkan mengiris kulit kiwi sampai benar-benar tipis. Atau hilangkan bulunya lewat cara menggosoki permukaan kiwi memakai handuk bersih.

Juga bisa dengan menggosoknya pelan-pelan menggunakan sendok. Healthline (9/8) ungkap kulit kiwi memiliki kandungan anti-oksidan. Bahkan juga banyaknya lebih banyak dibandingkan pada buah kiwi tersebut. Anti-oksidan berbentuk menantang kehancuran karena radikal bebas yang berlangsung pada banyak ruang di badan.

Leave a Reply