| by admin | No comments

Apa Sih Itu DOMS ?. Wajar Atau Bermasalah Ketika Kita Alami Itu Setelah Olahraga

Berita Terbaru – Sakit otot ialah hal yang biasa berlangsung sesudah olahraga. Bila kamu merasakannya, bermakna kamu alami delayed onset muscle soreness ( DOMS). DOMS berlangsung sebab ada robekan kecil (microtears) dalam otot yang menyebabkan proses peradangan pada 24-48 jam sesudah olahraga intens. Demikian diutarakan Associate professor of kinesiology dari Manhattan College, Tedd Keating, PhD, seperti diambil dari situs Popsugar. Menangani DOMS dapat jadi hal yang susah. Terdapat beberapa studi yang mengatakan mengenai langkah penyembuhan yang paling pas untuk menanganinya. Tetapi, hal yang butuh kita kerjakan ialah menyembuhkan rasa tidak nyaman yang ada serta berasa mengganggu.

Apa Sih Itu DOMS . Wajar Atau Bermasalah Ketika Kita Alami Itu Setelah Olahraga

Beberapa profesional yakini, robekan otot serta peradangan itu berlangsung sebab pergerakan gerakan eksentrik yang menarik otot, seperti squat atau deadlift. Diluar itu, lakukan olahraga yang belum dikerjakan awalnya atau tingkatkan repetisi dapat juga membuat kita alami DOMS. Ada banyak cara penyembuhan “rumahan” yang dapat menolong menangani rasa sakit otot jadi langkah pertama.

Yang pertama adalah Es serta panas Walau beberapa studi temukan jika es menghalangi proses pemulihan, Keating menjelaskan es dapat berguna untuk menangani rasa sakit pada otot. Terapis fisik Tyler Denn-Thiele, DPT, CSCS menerangkan, panas pada heating pad dapat juga menolong menangani rasa tidak nyaman saat sakit otot. Hal seirama diutarakan terapis fisik Karen Litzy, DPT. “Bila suatu membuat kita merasakan nyaman, coba (untuk menurunkan rasa sakit),” kata Litzy.

Yang kedua adalah Beberapa bahan di dapur Litzy mengatakan, satu studi kecil menunjukkan, minum susu cokelat tinggi protein sesudah olahraga dapat menolong meminimalisasi sakit otot. Sesaat personal trainer tersertifikasi NASM serta pelatih kepala di aplikasi olahraga Ladder, Stan Dutton menjelaskan, beberapa bahan aktif seperti kunyit dapat memberi efek moderat pada rasa sakit pada otot.

Kuncinya ialah nutrisi. Yakinkan kamu mengaplikasikan skema makan sehat tinggi protein serta karbohidrat, dan minum banyak air.

Yang ketiga adalah Pemulihan aktif Bergeraklah. Dalam meta analisis 100 studi, pemulihan aktif salah satu cara yang dipandang efisien untuk menangani DOMS. Kegiatan yang disebut pemulihan aktif, contohnya jalan kaki atau pengenduran yang menyertakan pergerakan berkelanjutan seperti power yoga, bersepeda atau angkat beban mudah. Karena terdapatnya “repeated bout effect”, beraktivitas olahraga pada otot-otot yang sakit dengan berulang-ulang dipandang dapat percepat pemulihan. Tetapi, Denn-Thiele merekomendasikan untuk coba olahraga lain bila rasa sakit pada otot jadi lebih besar serta tidak hilang sesudah session pemanasan. Menangani rasa sakit otot dapat juga dikerjakan dengan pijat mandiri memakai foam rollingdengan tingkatkan saluran darah pada otot. Paling akhir, yakinkan kamu beristirahat cukup hanya tidur sepanjang 7-8 jam per malam.

Catatan penting Beberapa ahli mengutamakan pentingnya tahu ketidaksamaan sakit serta nyeri. Dutton menerangkan, sakit ialah rasa tidak nyaman yang mungkin dapat bertahan sepanjang beberapa waktu. Sesaat nyeri dapat bertahan lebih lama serta condong lebih kronis. Peringatan lain yang butuh dilihat ialah lumpuh otot, capek berlebihan, sampai disfungsi kandung kemih atau usus besar. Urin yang berwarna gelap seperti Cola dapat juga jadi tanda-tanda rhabdomyolysis atau kehancuran jaringan otot yang dapat menyebabkan tidak berhasil ginjal bila dibiarkan tidak terselesaikan. Jadi, bila kamu alami nyeri yang kronis, hubungilah profesional, lebih bila rasa sakitnya menebar lebih luas.

Leave a Reply