| by admin | No comments

Perihal Susunan Kabinet Pak Jokowi Nanti Ini Pandangan Partai Pengusung

Berita Terbaru – Menjelang akan dilantik nya presiden tentu saja bangku atau kursi kabinet yang akan temani pemerintahan jokowi menjadi sorotan banyak pihak. Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto minta Presiden Joko Widodo memprioritaskan partai pengusung dalam membuat kabinet periode 2019-2024. Hal tersebut dikatakan Hasto menyikapi wacana Gerindra yang mempersiapkan nama calon menteri di kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Perihal Susunan Kabinet Pak Jokowi Nanti Ini Pandangan Partai Pengusung

“Dalam hal yang ideal tentunya apa yang berlangsung dalam konsolidasi sebelum presiden itu sebangun dengan pembentukan kabinet. Hingga rasio prioritas Pak Jokowi memprioritaskan terlebih dulu beberapa menteri khususnya yang datang dari faktor kepartaian Konsolidasi Indonesia Kerja,” tutur Hasto waktu didapati di Pondok Pesantren Mulia Al Tsaqofah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Dia yakini, Jokowi mengerti rasio prioritas itu serta akan menerapkannya dalam membuat kabinet di periode ke-2. Hasto memberikan tambahan, PDI-P serta partai konsolidasi pengusung Jokowi-Ma’ruf sudah buka ruangan kerja sama juga dengan Gerindra dalam membuat susunan pimpinan parlemen serta alat kelengkapan dewan di dalamnya. Karenanya, dia mengharap Gerindra bisa mengerti hal itu serta masih meneruskan kerja sama di parlemen.

“Jika walau PDI-P menang dengan kemampuan 60,7 di DPR % kami tidak mengaplikasikan politik bumi hangus seperti 2014 hingga Gerindra, Demokrat, PAN, PKS itu mendapatkan tempat di formasi alat kelengkapan dewan,” tutur Hasto.

“Dengan begitu kerja sama semua partai politik itu berjalan baik di DPR-MPR. Berkaitan struktur kabinet itu hak prerogatif presiden tetapi pasti dalam demokrasi yang sehat konsolidasi sebelum pemilihan presiden serta pasca-pilpres di kabinet itu semestinya senafas serta sebangun,” lanjut ia.

Awalnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyouno mengemukakan, partainya minta tiga tempat menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf akan datang. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani juga mengaku terdapatnya perbincangan di antara utusan Partai Gerindra serta Presiden Jokowi berkaitan penawaran tempat menteri dalam pemerintahan periode 2019-2024. “Perbincangan itu memang benar ada. Kita tidak dapat mungkiri jika ada perbincangan, ada pertimbangan di seputar Istana karena itu,” tutur Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Leave a Reply