| by admin | No comments

Wajib Tahu Para Ibu Berikut Adalah Menu MPASI Yang Tepat Menurut Para Ahli

Berita Terbaru – MPASI atau makanan pendamping air susu ibu (ASI) biasanya mulai diberi waktu bayi berumur 6 bulan. Pada saat MPASI ini, biasanya ibu mulai alami beberapa masalah memberikan makan bayi pertama kali. Satu diantara yang membuat dilema beberapa orang-tua ialah pilih makanan yang pas untuk menu MPASI anaknya. Selama ini, banyak orang-tua memberikan anaknya buah dan sayur sebagai menu MPASI.

Wajib Tahu Para Ibu Berikut Adalah Menu MPASI Yang Tepat Menurut Para Ahli

Tapi, buah dan sayur malah tidak dianjurkan untuk menu MPASI. Buah tidak memiliki kandungan zat besi serta zinc, sedang sayur memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membuat bayi MPASI sulit buang air besar. Spesilias anak, dr Tiwi juga merekomendasikan beberapa ibu untuk memberikan bayi karbohidrat dari nasi putih atau kentang serta protein hewani sepanjang MPASI.

Tidak itu saja, dr Tiwi memperjelas jika orang-tua tak perlu beli serta sediakan menu spesial untuk bayinya. Contohnya, sediakan ikan salmon spesial bayi atau menggoreng makanannya memakai minyak spesial. Menurut dia, ibu dapat menggoreng lauk untuk bayinya memakai minyak goreng biasa yang ada di dapur.

“Gunakan saja minyak goreng biasa di dalam rumah itu. Tujuan saya jangan begitu diutamakan, toh bayi makannya tidak kebanyakan pertama kalinya. Jadi berarti jangan spesial beli salmon bikin bayi, disimpen di kulkas jadi lama kan,” jelas dr Tiwi dalam kanal Youtube Tya Ariestya.

Dokter Tiwi memperjelas jika orang-tua bebas memberi makan apa pun pada anaknya. Berarti, apa yang dikonsumsi orangtuanya, dapat juga disisihkan untuk menu MPASI bayi.

Dengan demikian, orang-tua tak perlu sediakan atau mengategorikan makanan spesial untuk anaknya sebab kecemasan tersendiri. Karena, anak dapat konsumsi apa pun seandainya memang dapat dikonsumsi serta sesuai dengan untuk umurnya.

“Jadi jika orang-tua makannya salmon, ya bisa makanin anaknya itu juga. Jika orang-tua makannya ikan kembung, ya bisa anak diberi makan itu. Apa saja bisa di makan sama anaknya,” pungkasnya.

Dokter spesialis anak ini juga memberi trick spesial dalam memberikan anak makan supaya lahap. Menurut dia, orang-tua tidak harus langsung memberikan makan saat pertama-tama anak bangun tidur pada pagi hari. Orang-tua mulai bisa memberikan anak makan saat mendekati siang, seputar jam 9 sampai 10 pagi. Keadaan anak saat itu telah mulai kelaparan hingga semakin lebih lahap makannya.

Leave a Reply