| by admin | No comments

Mulai Mengurangi Pemain Asing Menjadi Solusi Tingkatkan Prestasi Timnas Indonesia

Berita Terbaru – Sebuah kompetisi sepak bola profesional tidak dapat dilepaskan dari pemain asing, tidak kecuali di Liga 1. Sekarang, Liga 1 membolehkan tiap club mempunyai 4 pemain asing. Tetapi satu pemain harus datang dari anggota AFC (Asia).

Mulai Mengurangi Pemain Asing Menjadi Solusi Tingkatkan Prestasi Timnas Indonesia

Ke empat pemain asing yang dipunyai club bisa dimainkan dengan bersamaan. Jumlahnya itu tidak terhitung pemain asing yang telah dengan status Masyarakat Negara Indonesia (WNI) melalui proses naturalisasi. Di mata pelatih tim nasional U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, kehadiran pemain asing di Liga 1 sekarang dalam step yang kurang bagus buat perubahan pemain muda.

Fakhri Husaininmenilai jumlahnya pemain asing yang dibolehkan membuat pemain muda tidak punyai peluang bermain. “Kita dapat pikirkan cuma beberapa pemain (muda) saja yang punyai peluang untuk main,” kata Fakhri selesai pertandingan tim nasional U-19 versus Korea Utara, di Stadion Penting Geora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11/2019).

“Makin banyak dibuka peluang serta paket untuk pemain asing, makin sedikit paket untuk beberapa anak muda ini,” tutur ia. Fakhri memandang telah waktunya pengelola liga serta tim-tim lebih memerhatikan kehadiran pemain muda.

Baginya, memberi peluang menit bermain ke pemain muda akan berefek positif buat perubahan profesinya. Menurut Fakhri, bila masih cuma fokus pada pemain asing, dia tidak meyakini sepak bola Indonesia akan memetik prestasi di waktu depan.

“Sebab untuk saya, jika peraturan yang ada saat ini memberi banyak tempat pada pemain asing. Belum juga di club ada pemain naturalisasi,” tutur bekas gelandang tim nasional Indonesia masa 90-an itu. “Jadi jika partner ingin berpretasi untuk hari esok, kurangi pemain asing,” kata Fakhri.

Demikian dominannnya pemain asing di Liga 1 dapat disaksikan dari tidak terdapatnya striker lokal yang masuk daftar paling atas top score. Keadaan itu serta terjadi semenjak Liga 1 2018 kemarin. Untuk musim ini, empat pembuat gol paling banyak di daftar paling atas sesaat sampai minggu ke-27 serta diisi oleh striker asing.

Dua tempat seterusnya memang diisi oleh pemain lokal. Tetapi bukan pemain asli kelahiran Indonesia. Keduanya ialah bekas pemain asing yang telah jadi WNI sebab naturalisasi, yaitu Ilija Spasojevic (bekas Montenegro) serta Alberto Goncalves (bekas Brasil).

Leave a Reply