| by admin | No comments

Wajib Tahu Pertolongan Pertama Untuk Orang Yang Terserang Tawon Ndas

Berita Terbaru –orban wafat karena tersengat tawon kembali makin bertambah. “Terduga” yang mengakibatkan beberapa kematian itu ialah Vespa affinis atau lebih diketahui jadi tawon ndas. Satu diantara empat pelajar di Desa Cikedokan, Kecamatan Bayongong, Kabupaten Garut, Jawa Barat wafat karena serangan tawon itu. Awalnya, masyarakat Kabupaten Klaten, Lanjarwati serta Warsomo wafat karena sengatan tawon ndas November ini.

Wajib Tahu Pertolongan Pertama Untuk Orang Yang Terserang Tawon Ndas

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten Nur Khodik mengatakan jika satu orang yang tersengat tawon Vespa affinis bisa wafat jika tidak mendapatkan perlakuan dalam 1×24 jam. Dr dr Tri Maharani menerangkan jika Vespa affinis bukan tawon madu, tapi tawon predator.

Type tawon ini mempunyai potensi untuk masukkan racunnya ke pada tubuh manusia. Pada dosis kecil, yakni saat yang menusuk cuma satu atau dua ekor tawon, toksin cuma akan memunculkan alergi saja dengan beberapa gejala seperti abuh.

Sesaat, jika tawon yang menusuk ialah dalam jumlahnya banyak, akan mengakibatkan hiperalergi. Oleh karenanya, bila tidak diatasi akan bersambung jadi anafileksis sampai sistemik atau mengakibatkan kerusakan organ dalam hitungan hari.

Untuk dosis kecil, perlakuan bisa dikerjakan dengan simpel. Sisi yang abuh butuh dikompres dengan es. Sesaat, bila sisa sengatannya, dapat dicabut. Selanjutnya, pasien diberi analgesik serta obat-obatan antihistamin atau corticosteroid sampai pembengkakan menyusut.

Merilis dari situs Healthline, untuk sengatan yang tidak kronis, dapat dipakai cream hydrokortison atau lotion kalamin untuk menurunkan gatal atau iritasi kulit. Baking soda dapat dipakai untuk menentramkan kulit serta bisa dipakai waktu mandi atau lewat cream kulit. Pereda sakit seperti ibuprofen juga bisa dipakai untuk menurunkan rasa sakit dari sengatan tawon.

Selanjutnya, bahan seperti cuka dapat dipakai untuk mengatasi sengatan lebah. Teorinya, keasaman dari cuka bisa menolong menetralisir alkalinitas dari sengatan lebah. Untuk memakai cuka pada sengatan lebak, rendam bola kapas dengan cuka apel atau cuka putih serta letakkan di atas sisi yang tersengat. Tekan sedikit serta biarlah sepanjang beberapa waktu.

Reaksi kronis Sesaat, untuk dosis sengatan yang besar, diperlukan ketanggapan petugas medis untuk mengatasi masalah sengatan. Pasien yang alami edema paru kronis, contohnya, harus diberi tatalaksana edema paru, seperti cairan parunya dikeluarkan. Selanjutnya, pasien yang alami tidak berhasil ginjal harus diberi tata seperti tidak berhasil ginjal, seperti hemodialisis.

Perlakuan untuk reaksi alergi kronis dalam sengatan tawon pada umumnya bisa meliputi beberapa tindakan berikut:

Pemberian penambahan epinefrin untuk menyetabilkan skema imun
Cardiopulmonary resuscitation (CPR) bila pernapasan berhenti sesaat
Oksigen, steroids, serta penyembuhan lain untuk melakukan perbaikan pernapasan.

Leave a Reply