| by admin | No comments

4 Momen Atau Pristiwa Langit Yang Akan Berlangsung Di Bulan Ini

Berita Terbaru – Tiap bulan akan senantiasa ada momen langit yang berlangsung, entahlah itu bisa kelihatan dengan jelas ataukah tidak. November 2019 dihiasi oleh kejadian hujan Meteor Leonid, konjungsi Bulan dengan Mars, konjungsi Venus dengan Jupiter, konjungsi Bulan dengan Jupiter, serta konjungsi Bulan dengan Saturnus. Bulan Desember 2019 juga tidak kalah dengan momen langit menarik yang lain. Dikutip situs In The Sky, di bawah ini empat momen langit yang akan berlangsung pada Desember 2019:

4 Momen Atau Pristiwa Langit Yang Akan Berlangsung Di Bulan Ini

Yang pertama adalah Konjungsi Venus dengan Saturnus

Ke-2 planet ini akan kelihatan bersisihan dalam pandangan Bumi pada 11 Desember akan datang. Venus akan ada seputar 1 derajat dari Saturnus. Pengamat mulai bisa lihat ke-2 planet pada jam 18:13 WIB dengan jarak 25 derajat di atas cakrawala barat. Venus serta Saturnus akan terbenam pada jam 20:08.

Yang kedua adalah Solstis Desember

22 Desember bisa menjadi hari terpanjang 2019 untuk belahan Bumi selatan sebab adalah hari pertengahan musim panas. Sesaat di belahan Bumi utara bisa menjadi hari terpendek sebab hari pertengahan musim dingin. Ini adalah momen saat gerak tahunan Matahari lewat rasi bintang zodiak sampai titik paling selatan di langit, persisnya di muka rasi bintang Koprikornus yang disebutkan dengan solstis.

Waktu Solstis Desember berlangsung, daerah-daerah di belahan Bumi selatan akan alami siang hari yang lebih panjang dari umumnya. Selain itu, daerah-daerah di belahan Bumi utara akan alami malam hari yang lebih panjang.

Momen ini berlangsung sebab kutub perputaran Bumi pada Matahari tidak tegak lurus, tetapi miring seputar 23,5 derajat. Kemiringan ini dapat mengakibatkan satu diantara belahan Bumi lebih cenderung tersinari Matahari dibanding belahan Bumi yang lain.

Yang ketiga adalah Konjungsi Bulan dengan Mars

Planet Mars akan ada dalam jarak terdekatnya dengan bulan pada 23 Desember akan datang. Keduanya akan ada sejauh 3 derajat. Keduanya akan kelihatan di langit fajar pada jam 02:57 WIB serta sampai ketinggian 33 derajat di atas cakrawala timur sebelum lenyap waktu Matahari keluar pada jam 05:22 WIB. Ke-2 pasangan ini dapat disaksikan di konstelasi Libra.

Yang keempat adalah Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Matahari cincin akan berlangsung pada 26 Desember akan datang serta daerah Indonesia akan berpeluang lihat kejadian ini. Gerhana ini sendiri adalah gerhana Matahari ke-3 serta paling akhir tahun 2019. Walau kelihatan dari langit Indonesia, tetapi tidak semua daerah di Indonesia berpeluang lihat gerhana Matahari cincin ini.

Jalan gerhana Matahari cincin ini akan melewati beberapa negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, India, Indonesia, Malaysia, serta Guam. Sesaat daerah Indonesia yang bisa lihat gerhana ini ialah samping timur laut Pekanbaru, dekat Pulau Pedang.

Beberapa pengamat dapat memperhatikan sampai 94,11 % muka Matahari yang terhambat Bulan waktu pucuk berlangsung dengan waktu sampai 3 menit 39 detik. Gerhana Matahari Cincin ini pertama-tama akan sentuh daerah Indonesia dari Pulau Simeulue jam 10:05 WIB lalu ke arah Pulau Nias, Aceh Singkil, Sumatera Utara, Riau, Pulau Batam, serta Pulau Bintan.

Daerah di Pulau Kalimantan akan jadi jalan gerhana Matahari Cincin. Pengamat masih dapat memandangnya sampai jam 13:31 WIB.

Leave a Reply