| by admin | No comments

Wajib Tahu Kalau Konseling Ki Psikiater Perihal Kesehatan Mental ODHA Sangatlah Penting

Berita Terbaru – Orang Dengan HIV/AIDS ( ODHA) perlu mendapatkan pendampingan psikiatri berbentuk konseling. Guru Besar Psikiatri Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia, Prof Dr dr Tjin Wiguna Sp.KJ, menjelaskan, walau tidak semua ODHA alami masalah jiwa, tapi ODHA serta semuanya yang memberatkannya benar-benar punya potensi alami masalah mental.

Wajib Tahu Kalau Konseling Ki Psikiater Perihal Kesehatan Mental ODHA Sangatlah Penting

“Perlakuan ODHA yang alami masalah jiwa jadi penting dikerjakan,” kata Tjin di IMERI, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Utamanya konseling buat ODHA Diterangkan oleh Tjin, ODHA benar-benar rawan untuk alami masalah jiwa sebab mempunyai rahasia serta merasakan terbebani dengan rahasianya itu. Rahasia yang disebut ialah menampik diri dari fakta jadi satu diantara ODHA, dan berupaya merahasiakannya dari beberapa orang seputar sebab beberapa stigma serta diskriminasi pada ODHA yang sering berlangsung di warga.

Bila tidak merasakan service jiwa yang pas, cukup banyak ODHA yang mengasingkan diri dari sosial. Lebih jelek , ini menyebabkan kemauan akhiri hidup. Oleh karenanya, ditekankan Tjin, ODHA butuh sekali terima pertolongan service jiwa.

“Lalu jika dia (ODHA) memperoleh service jiwa, seperti konseling agar belajar terima dirinya sepenuhnya, selanjutnya dapat menyesuaikan dengan dirinya,” katanya. Sebab bila ia tidak dapat jaga rahasianya serta memendam sendiri apa pun yang sedang ia alami atau alami, lama kelaman ia bisa menjadi terbebani. “Berapakah lama sich kita sendiri dapat menangani beban?

Nah ini sebab beban itu kan dipikul oleh ia (ODHA) sendiri tiap hari, jika tidak ada orang yang mengerti ia serta pahami ia, ya semakin lama ia alami masalah kesehatan dengan jiwanya, serta sering sebagai masalah jiwa,” tuturnya. Oleh sebab penting sekali buat mereka yang ODHA terima konseling.

“Tidak ada atau ada ada (masalah jiwa waktu itu), sebab bukan selanjutnya ada permasalahan dahulu lalu konseling, tetapi sebelumnya ada lah lalu dikonselingkan supaya kita ( psikiater) dapat mengikuti ia (ODHA) untuk hadapi setiap harinya, ya dari beberapa hal semacam itu,” sebut ia.

Ini diinginkan supaya ODHA dapat menangani masalah dengan dirinya dengan terima secara baik pada ketetapan yang ada serta lakukan penyembuhan sebaik-baiknya. Melalui konseling, ODHA dibantu agar terima serta lebih yakin diri.

Diinginkan lewat konseling, ODHA tidak malu atau kuatir pada cibiran orang lain tentang dianya. ODHA mempunyai hak sama dengan orang lain biasanya. Mereka memiliki hak jalani hidup wajar serta baik, tanpa ada diasingkan atau dilanda.

Leave a Reply