| by admin | No comments

Anda Harus Mulai Waspada Dengan Modus Serangan Digital Melalui SMS Yang Mulai Ramai Kembali

Berita Terbaru – Baru baru ini anda harus mulai berhati hati ketika memmbuka link dari SMS. Modus serangan digital lewat SMS kembali ramai. Sekarang, SAFEnet terima beberapa laporan berkaitan peluang serangan digital lewat SMS berisi tautan khusus yang dipanggil ” Chat-V”. Bermacam aduan yang diterima oleh organisasi pembela hak-hak pemakai di internet ini telah diterima semenjak Oktober 2019 kemarin.

Anda Harus Mulai Waspada Dengan Modus Serangan Digital Melalui SMS Yang Mulai Ramai Kembali

Sebenarnya, serangan digital Chat-V memercayakan satu tautan yang dikirim lewat SMS dari nomor tidak diketahui. Tautan umumnya datang dari domain ” chat-v.com”, “michat.sg”, “vchat.im”, dan lain-lain. Nah, untuk menipu pemakai, aktor umumnya menegur korban dengan nama aslinya diikuti dengan kalimat ajakan menarik untuk menempatkan satu aplikasi pembicaraan. Ilustrasinya dapat dibaca di gambar berikut.

Korban yang tertipu peluang akan mengeklik tautan beresiko itu, bisa saja dengan alasan ingin tahu. Bila tautan di-click, karena itu pemakai akan diarahkan ke toko aplikasi untuk mengambil aplikasi pembicaraan terkenal Mi Chat, yang kelihatan tidak meresahkan.

Tetapi, jangan tertipu, karenanya cuma kedok saja. Karena, tautan itu dengan automatis akan menempatkan 5 aplikasi Android (APK) beresiko yang dapat terhubung hp pemakai, diantaranya ialah “base.apk”. Menurut firma keamanan Symantec, base.apk ini benar-benar beresiko serta dipandang seperti tipe aplikasi AppRisk.Generisk (Android.Generisk).

Tipe aplikasi demikian sebenarnya dapat memunculkan efek pada privacy, keamanan, atau masalah kestabilan pada piranti Android yang dipakai, seperti dikumpulkan wartawan dari SAFEnet, Rabu (29/1/2020).

Selanjutnya, aplikasi itu nyatanya manfaatkan perintah (command) skema operasi (OS) berbasiskan Linux “su”. Perintah “su” ini umumnya dipakai untuk mengubah akses pemakai ke-3 baru login atau masuk ke aplikasi. Berarti, aktor dapat mengambil data-data pemakai yang tersimpan di hp, karena pemakai lain diperbolehkan terhubung hp itu.

Pemakai yang terima SMS jenis Chat-V ini dianjurkan supaya tidak gampang yakin dengan bermacam tautan yang mengikuti satu SMS, ditambah lagi dari nomor yang tidak diketahui. Tetapi bila terlanjur meng-kliknya, sebaiknya pemakai lakukan factory reset hp yang digunakan untuk menghindarkan kekuatan dari bahaya kebocoran data.

Leave a Reply