| by admin | No comments

Apakah Sakit Lambung Ada Hubungannya Dengan Meminum Kopi ?

Berita Terbaru – Kegiatan minum kopi sekarang telah jadi sisi dari pola hidup. Tidak cuma diminum pada pagi hari untuk bikin terbangun, kopi sekarang jadi sisi dari kehidupan sosial beberapa orang. Satu gelas kopi hitam mempunyai banyak faedah. Seperti dikabarkan awalnya, kopi dapat menolong tingkatkan ingatan, tingkatkan kapasitas fisik, kurangi depresi serta stres, dan beberapa faedah yang lain.

Apakah Sakit Lambung Ada Hubungannya Dengan Meminum Kopi

Tetapi, di golongan warga tersebar kepercayaan jika penyakit lambung terkait dengan rutinitas minum kopi. Apakah benar demikian? Medical Manajer, Consumer Health Division Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi memberikan keterangan. Ia mengaku, sebenarnya belumlah ada riset yang mengatakan sakit maag dapat karena disebabkan kopi atau kandungan cafein di dalamnya. Cafein jadi salah satunya elemen yang sering dikambinghitamkan membuat sakit maag. Walau sebenarnya, kopi mempunyai banyak kandungan yang lain tidak hanya cafein.

Helmin mengatakan, ada juga satu riset yang coba melakukan eksperimen dengan ambil kandungan cafein dalam kopi. Tetapi, hal tersebut nyatanya tidak berefek banyak pada dampak minum kopi tersebut. Kopi bisa saja jadi salah satunya sumber yang diduga membuat sakit maag, tapi bukan salah satu.

Dalam satu tabel sumber minuman dan makanan pemicu penyakit maag yang diedarkan dalam jurnal Middle East Journal of Digestuve Disease, tahun 2015, disebut, cuma 60 % orang yang alami sakit maag sebab minum kopi. Beberapa sumber minuman dan makanan yang disangka membuat sakit maag tertinggi malah minuman berkarbonasi (86,7 %), serta paprika (71,4 %).

“Beberapa elemen dalam kopi terhitung cafein kemungkinan dapat menyebabkan munculnya sakit maag. Tetapi, cafein jadi pemicu penting (sakit maag) belumlah ada data.” Hal tersebut diutarakan oleh Helmin dalam diskusi kesehatan lambung di Citywalk Sudirman, Jakarta, Rabu (12/2/2020) kemarin.

Disamping itu, sakit maag dikarenakan oleh beberapa unsur. Dari mulai rutinitas makan tidak teratur, depresi, merokok, skema makan tidak sehat, serta yang lain. Karena itu, bila kamu alami sakit maag, ketahui terlebih dulu pemicunya. Mungkin kamu sejauh ini menduga kopi ialah sebabnya, walau sebenarnya nyatanya skema makan yang kurang teratur, serta kemungkinan-kemungkinan yang lain. Hal ini kembali ke sensitivitas individu.

Sebagian orang kemungkinan tidak alami permasalahan saat minum kopi, tetapi beberapa yang lain benar-benar gampang rasakan sakit lambung karena hanya konsumsi sedikit kopi. “Pokoknya jika pada seorang yang benar-benar peka, sedikit kopi juga ingin digabung dengan apa saja ia akan peka,” tutur Helmin.

Karena itu, bila kamu merasakan lambungmu peka upayakan perut tetap dalam kondisi terisi sebelum konsumsi beberapa makanan yang mempunyai potensi menyebabkan sakit maag. Contohnya kopi, makanan pedas atau minuman soda.

“Jika pernah sakit maag sebab kopi, seharusnya makan dahulu baru coba kopi,” tuturnya. Tetapi, tidak hanya permasalahan maag kebanyakan minum kopi sering dihubungkan dengan permasalahan jantung. Jadi, upayakan kamu masih mengkonsumsinya dalam jumlahnya moderat contohnya tidak lebih dari enam gelas /hari.

Pilihan kopi ramah lambung Seperti dirinci di atas, pemicu sakit maag tidak cuma kopi. Head of Marketing & Business Fore Coffee, Shintia Xu mengatakan, faksinya membedah komponen-komponen yang ada pada hidangan satu gelas kopi. Hal tersebut dikerjakan untuk cari tahu bahan apa yang kurang lebih dapat juga menyebabkan sakit maag.

Nyatanya, susu dapat juga jadi salah satunya pemicunya. Ditambah lagi sekarang beredar banyak minuman kopi susu di market. Kamu dapat mengakali pilihanmu supaya bisa masih minum kopi tanpa ada rasakan sakit lambung. Contohnya, dengan coba variasi kopi kerjasama Fore bersama dengan Promag, yaitu “Sahabat Perih Coffee Latte”.

Shintia mengatakan, variasi itu memakai kopi arabika yang condong lebih aman untuk pasien sakit maag serta mempunyai kandungan keasaman lebih rendah. Disamping itu, Sahabat Perih Coffee Latte cuma memakai 1/2 shot espresso serta susu kedelai hingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

“Yang menyukai pola hidup ngopi tetapi cukup takut, ada menu minuman yang lebih ramah sama maag.” “Kami gunakan susu kedelai serta biji kopi pilihan dengan kandungan asam yang tambah lebih rendah jadi efek maag dapat diminimalkan,” papar ia. Jadi, walau kopi bukan pemicu langsung sakit maag, tapi penting buat pasien sakit maag untuk masih memperhatikan skema mengonsumsi kopi. Yakinkan kopi yang dikonsumsi tidak tingkatkan sensitivitas aliran cerna serta intinya makan terlebih dulu sebelum minum kopi.

Leave a Reply