| by admin | No comments

Kenapa Di Indonesia Virus Corna Dinyatakan Negatif ?

Berita Terbaru – Semenjak virus corona merebak di kota Wuhan, China di akhir tahun 2019, sampai sekarang Indonesia masih negatif dari Novel coronavirus atau Covid-19. Tapi ini malah memunculkan bermacam rumor serta pertanyaan di warga.

Kenapa Di Indonesia Virus Corna Dinyatakan Negatif ?

Khususnya tentang apa perlengkapan medis di Indonesia sendiri dapat dalam mengetahui kehadiran virus ini? “Potensi deteksi itu kita telah ada, telah dari bulan Januari dipakai,” tegas Prof Herawati Supolo Sudoyo, Deputi Mendasar Eijkman Institute, dalam acara Menanggapi Virus Corona 2019-nCoV : Dari Instansi Eijkman untuk Indonesia, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Langkah mengetahui Covid-19 yang dikerjakan di laboratorium Indonesia telah sesuai standard mekanisme dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sampel darah dari pasien tersangka terinfeksi virus corona ini akan diambil petugas medis untuk dites di laboratorium. Kata Herawati, sejauh ini Indonesia sudah lakukan tes laboratorium yang memerlukan waktu minimal dua hari atau lebih. Langkah pengujian atau deteksi itu telah dikerjakan Indonesia semenjak tahun 2015, terutamanya di Instansi Eijkman sendiri.

Kit baru untuk percepat tes Covid-19
Disadari ia, tentang terdapatnya kit yang baru serta dinanti kehadirannya di Indonesia, sempat jadi rumor yang salah memahami oleh warga. “Yang disebutkan kit baru itu, agar kita bisa hasil tes deteksinya cepat, jadi kita tidak perlu waktu lama deteksi Covid-19 ini. Kit baru itu yang disalah artikan kita tidak memiliki potensi,” katanya. Kit deteksi baru dalam mengatasi masalah Covid-19 ini mempunyai tujuan supaya petugas medis langsung dapat mengetahui serta dalam hitungan jam dalam satu hari.

Oleh karenanya, katanya, yang diharapkan oleh beberapa faksi yaitu berkaitan dengan bermacam tanda-tanda dari penebaran Covid-19 serta rumor yang tersebar di warga ialah kerjasama antar komponen disiplin pengetahuan serta instansi. Untuk menghadapi tidak berhasilnya komunikasi efek musibah dari Covid-19 dengan menyatu dalam mengetahui Covid-19 tersebut. Disamping itu, kata Herawati, usaha itu dikerjakan supaya warga mengerti efek dari Covid-19 ini bila sampai mewabah di negara sendiri. “Jika ada yang menanyakan Indonesia dapat atau mungkin tidak (deteksi virus corona Covid-19)? Indonesia dapat,” sambung Herawati.

Leave a Reply